Kamis, 15 November 2012

Persiapan Membuat Box

Hai bloggers, sudah lamaa sekali rasanya saya tidak mengepost sesuatu. Semakin sepi deh Blog saya ini hiksss :(

Tapi saya lagi semangat-semangatnya nih mau membuat usaha, sempat stuck alias mepet bin mentok otak saya ini. Bingung apa kira-kira yang bisa saya lakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan.
Berdagang pakaian sudah, membuka jasa menjual pulsa sudah, tapi ga ada yang berkembang dan bubar jalan gitu aja.

Sampe pada suatu hari saya pergi ke Cikini untuk mencari Box hantaran, dan ternyta harganya lumayan juga yaa. padahal bahan dasar dari Box hantaran yang saya beli itu terbuat dari karton board loh.
Akhirnya mikir-mikir, siang malem nyari ilham dapat juga ide (buah hasil dari Mikir Keras dan berkunjung ke Cikini  hahhahahaaa)
Kenapa ga saya buat sendiri aja Box-nya, secara saya masih butuh beberapa Box lagi untuk hantaran *wink
Berawal dari jiwa seni saya yang pas-pas an banget dan hasil belajar dari sumber-sumber yang berasal dari Mbah Gugel maka terbersitlah ide untukkkkkkkk "Membuat Box Hantaran"

Dan ternyata ini juga bisa jadi peluang untuk saya bikin usaha loh *senang gembira*

Dan finnaly, mulai nyicil beli bahan baku nya deh. Untuk temen-temen sekalian nih saya kasih tau bahan dasar untuk buat Boxnya yaitu:
  1. Karton Board : Belinya di toko buku atau di toko kertas ya. Kalo saya pakai Karton Board 30 dengan harga Rp.4000,-/Lembar tapi kalo d toko buku "G" yg tersohor itu harganya bisa 4x lipat dan ukurannya sangat kecil.
  2. Kertas samson : ini sejenis kertas berwarna coklat seperti kertas sampul coklat. tapi kertas samson ini memiliki tekstur yang lebih tebal dan halus. Harganya ga mahal, hanya Rp.1500,-
  3. Kertas Fancy : Sulit sekali mencari kertas ini hikkssssss. nemu-nemu di toko buku "G" yang tersohor itu. tapi harganya lumayan mahallllll :'( Rp.12.500,-/Lembar. kertas ini bermacam-macam warna dan sedikit bertekstur motifnya. (sampai saat ini masih mencari-cari toko mana yang menjual kertas ini dengan harga yang super miring hhehehheeee)
  4. Lem kertas
  5. Double Tip
  6. Lem Fox kaleng : seperti lem aibon, hanya saja lebih cair.
  7. Plastik Mika : harganya juga lumayan nih Rp.25.000,-/Meter untuk membelinya bisa di toko buku atau di toko plastik (yang biasa jual taplak2 plastik)
Kalo untuk alatnya sih hanya;
  1. Gunting
  2. Pisau cuter
  3. Penggaris
  4. Pensil
  5. Koas
  6. Triplek : untuk alas memotong.
Untuk yang pokok hanya itu saja sih alat dan bahannya. kalau untuk pembuatannya bisa tunggu di post saya selanjutnya yaaa...

13 komentar:

  1. aku buatin dong satu, tapi sekalian ama isinya ya! cuma emas berlian aja kok coz mo saya berikan ke....?

    BalasHapus
  2. Boleh, silahkan request utk bentuk dan warna boxnya. saya kasih free deh, tapi kalo untuk isinya harap di isi sendiri belum cukup kantong saya Mr hehehehee. Memang mau diberikan ke siapa hayooo? Nanti saya buatkan yang special deh :)

    BalasHapus
  3. misi gan, mohon share infox..
    agan, beli karton board dgn hrg 4rb/lembar dmn ya gan?
    sy t'akhr nemu d slh satu toko d asemka hrgx 7.500/lbr.
    adik sy n tmn2x butuh sktr 10 lbr untk tgs klmpkx
    mhn infox gan, matur tenkyu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebetulan saya produksi karton board dicirebon. Biasa supply ke pabrik2 besar di daerah jabar & jateng. Produk saya biasa dipakai utk pembuatan hard cover book, album, ordner, box, dll. Apabila berminat bs hubungi saya di no 081324248811

      Hapus
  4. hayy isnaeni, mohon maaf utk lambatnya respon.
    kebetulan saya di daerah ps.rebo banyak sekali percetakan. tepatnya di jl. raya Bogor.
    di sana ada 2 toko kertas yang memang sangat besar dan terkenal. lupa nama'y heheheeee.
    kalau pembelian banyak bisa lebih murah lagi loh harganya.

    hanya bisa memberikan patokan tokonya saja, posisi Toko kertas tersebut sederet dengan Ps. Induk
    Dari lampu merah Hek sampai dengan Pusdikes Kramatjati itu sudah banyak berderet toko kertas dan percetakan :)

    BalasHapus
  5. Sy jual karton board u/ partai besar. Ukuran board no. 30,35,40 di harga Rp 105.000 per pak atau Rp 3.500 per lembar (untuk no. 30).
    Seandainya berminat hubungi saya, Hadi (08-77-29282574 atau 0231-7447722).
    Terima Kasih

    BalasHapus
  6. Tolong pos-in cara pembuatan boxnya donk... cz ada tugas dari sekolah yang disuruh bwt box. Thanks

    BalasHapus
  7. Kreatif.... bagus blognya....
    Kalo ada yang bisnis makanan, dll yg menggunakan kemasan kertas, bisa menghubungi kami untuk dus roti, Dus snack, paper bag, dll di: http://yogyakartas.com

    BalasHapus
  8. Beli plastik mika tebalnya dmna ya

    BalasHapus
  9. Saya juga ada tugas dari sekolah, tapi susah sekali cari kertas board daerah bekasi. yang tau tolong di share ya. :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. @wiranti : coba cari disekitaran daerah stasiun bekasi, karena disana banyak percetakan. Klo tidak ada bisa beli disekitaran daerah kalibaru, senen.

      Hapus
  10. beli karton board nya ukuran berapa yah dan tebalnya berapa

    BalasHapus